Rabu, 24 November 2010

MAHLUK APAAN SIH JURNALISTIK ITU?


Jurnalistik berasal dara kata journal (bahasa Perancis) yang berarti catatan harian.

Orang yang melakukan kegiatan jurnalistik disebut jurnalis (journalist dalam bahasa Inggris), atau wartawan/ wartawati atau reporter (peliput).

Secara singkat jurnalistik berarti kegiatan pencatatan atau pelaporan dan penyebaran berita tentang peristiwa/ kejadian sehari-hari.

Jurnalistik B@R (Bina Aksi Remaja) adalah media informasi, komunikasi, silahturohmi dan edukasi keluarga besar PMR Kelompok SMK N 1 Kedawung (SMEA Negeri Cirebon).

Jurnalistik adalah ketrampilan yang bisa dimiliki oleh siapa saja, tanpa memandang usia dan jenis pendidikannya, asalkan orang tersebut mau untuk berlatih menguasainya, baik melalaui pendidikan formal maupun secara otodidak (belajar sendiri lewat pengalaman).


Jurnalistik sebagai ketrampilan dan ilmu (digolongkan dalam ilmu komunikasi) berlaku universal dan mudah dipelajari. Jadi Kamu pun bisa jadi jurnalis.

Yang penting dalam mempelajari jurnalistik adalah praktiknya. Percuma kalau kita hanya belajar teori tanpa pernah dipraktekkan.

MENGAPA HARUS JURNALISTIK B@R???
Mengingat peranan pers sangat penting dan berpengaruh dalam mengarahkan dan membentuk opini masyarakat, maka keluarga besar PMR kita harus tahu kaidah-kaidah dan unsur-unsur jurnalistik, sehingga kita bisa berperan dalam kancah derasnya arus informasi seperti sekarang ini. Dengan demikian kita tidak hanya menjadi sasaran opini, tapi pembuat opini. Gitu, Lho!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar