Rabu, 24 November 2010

BAGAIMANA PROSES PENCARIAN BERITA?


Tidak semua peristiwa layak dijadikan berita. Sebuah peristiwa bisa menjadi berita bila ia memiliki nilai-nilai berita (news value).

Tiap peristiwa mengandung nilai beritanya sendiri. Hampir semua peristiwa nilai beritanya bisa dibuat tinggi, tergantung, VITALITAS

Unsur-unsur penentu Nilai Berita (News Value) :
1. Penting (significance)/ Dampak (Consequence)
Suatu peristiwa/ masalah  layak diberitakan jika berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat luas atau pembaca khususnya. Semakin besar dampak peristiwa itu dan semakin cepat dirasakan oleh pembaca, semakin penting informasi itu baginya.
Contoh : Pihak sekolah memungut iuran sebesar Rp 50.000,- pada peserta Pelantikan calon Anggota (PENCATA) PMR kita, padahal pihak pihak sekolah bukan panitia PECATA.

2. Kebaruan/ aktualitas (Timeliness)
Suatu peristiwa/ masalah  layak diberitakan jika baru saja terjadi dan masih hangat atau juga baru saja terungkap sehingga belum diketahui oleh pembaca.
Contoh : Memberitakan kegiatan bakti sosial di Radar Cirebon. Kegiatan bakti sosial tersebut diadakan sehari sebelum berita dimuat di Radar Cirebon.

3. Besaran (Magnitude)
Suatu peristiwa/ masalah  layak diberitakan jika  mengandung suatu besaran (jumlah atau ukuran) dan berpengaruh bagi pembaca secara langsung maupun tidak langsung. Jika yang dianggap besaran itu kemenerakinannya, bisa diketahui besaran adalah sesuatu yang luar biasa.
Contoh : Dua ratur orang anggota PMR kelas satu mengikuti Pelantikan calon Anggota (PENCATA) PMR kita di cibunar kuningan.

4. Kedekatan (Proximity)
Suatu peristiwa/ masalah  layak diberitakan jika suatu peristiwa yang terjadi dekat dengan tempat tinggal pembaca (kedekatan demografis) atau mengandung sesuatu yang secara emosional dekat dengan pembaca (kedekatan psikologis). Kejadian yang dekat dengan pembaca akan lebih dirasakan, baik langsung maupun tidak langsung.

5. Ketenaran (Prominence)
Suatu peristiwa/ masalah  layak diberitakan jika melibatkan lokasi, tempat, atau sesuatu yang sangat dikenal pembaca. Sesuatu yang sangat dikenal selalu menarik perhatian manusia untuk diketahui.
Contoh : Seorang penyanyi terkenal ternyata adalah anggota PMR kita.


6. Kemanusiaan (Human Interest)
Suatu peristiwa/ masalah  layak diberitakan jika mengandung unsur-unsur yang dapat menyentuh perasaan pembaca. seperti bahagia, senang, benci, sedih atau kasihan.
Contoh : Salah satu anggota PMR kita yang sedang sakit tapi masih punya tekad kuat untuk aktif di PMR kita dan ingin memberikan kontribusi terbaiknya pada PMR kita.

7. Hal Baru (Novelty)

8. Konflik (Conflict)

9. Ketegangan (Suspence)

10.Kejahatan (Crime)

Jika informasi mengandung banyak kriteria penting, aktual dan besaran, informasi itu bersifat PENTING.


Informasi itu bersifat MENARIK, jika informasi itu mengandung lebih banyak kriteria kedekatan, ketenaran dan kemanusiaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar